Kisah Nabi Adam

Hari pertama puasa di bulan Ramadhan adalah hari yang paling berat, jangan kan buat anak-anak buat orang tua juga butuh adaptasi dalam mengelola lapar, haus, lapar dalam beraktivitas.

Jam 10 pagi saat nya perjuangan melawan haus dan lapar, tangisan dan rengekan luar biasa dari Tsabit untuk minta berbuka, saya kekeh ga kasih dari kesabaran level tinggi sampai hilang kesabaran. akhirnya dia berbuka jam 12 siang tanpa sepengetahuan saya, tapi dia bilang aku makan bembeng setelah itu aku tidak makan apa-apa lagi. Kesel , emosi, jengkel luar biasa, saya tidak mau kasih makan sampai waktu magrib tiba. Tapi ya sudahlah hari pertama harus jadi pelajaran buat kita, bahwa iman anak-anak harus ditanamkan lebih kuat tentang manfaat dan perjuangan puasa.

Saya mengambil kisah Nabi Adam yang tergoda syetan. Nabi Adam waktu tinggal di surga enak bangeet, semua apa yang mau mudah didapat seperti makan, minum, aneka buah, susu dan lainnya. Allah memberikan banyak kemudahan dan kenikmatan itu kepada Nabi adam, tapi Allah hanya memberikan larangan 1 saja yaitu jangan makan buah khuldi. Syetan masuk menggoda Nabi Adam untuk mempengaruhi nabi Adam untuk makan buah khuldi. Karena tidak bisa menahan hawa nafsu yang sudah dipengaruhi syetan akhirnya Nabi Adam memakan buah khuldi , maka saat itu Allah Marah dan mengerluarkan nabi Adam dari surga dan dipindahkan tinggal di bumi. Ketika dibumi Nabi Adam sedih karena ketika lapar tidak ada makanan yang siap dia makan, dia harus mencari dan bahan harus dimasak dulu supaya enak, tidak ada lagi kenikmatan dan kemudahan seperti disurga. Nabi Adam sedih dan selalu minta ampun kepada Allah supaya dikembalikan lagi ke surga.

ibroh yang saya sampaikan ke anak :

bahwa kesempatan dan kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita banyak, jangan melanggar larangan Allah yang sedikit, misal kesempatan ketika sahur panjang bisa makan minum nyemil yang puas, tapi Allah melarang kalau sudah waktu imsak dan sampai berbuka dilarang makan, maka kita wajib menuruti perintahNya. Jangan malas sahur supaya puasanya kuat. Makan di waktu berbuka puasa lebih nikmat dari pada waktu siang karena makan buka puasa di waktu magrib ada kenikmatan yang Allah berikan , seperti makan dari surga, baru minum teh manis dan kue langsung hilang haus dan dahaga seharian. Jangan kita menyesal seperti Nabi Adam.

alhamdulillah puasa hari selanjutnya lancar walau ada rengekan haus tapi masih bisa diatasi dengan kesabaran level rendah ...ha..ha

mudahan - mudahan bermanfaat yah 🙂


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *