Materi  Utama

Penjelasan tentang seks kepada anak yaitu jika orangtua ingin membahas tentang seks, arahkan pendekatannya ke sains biologi. Karena antara sains dan seks itu berdekatan, jadi berpikirnya menggunakan otak kiri bukan dengan otak kanan yang tertuju pada hal-hal erotis, jadi bicara seks dengan biasa dan netral, anak-anak juga perlu tahu dengan kondisi luar yang negative, agar mereka bisa membentengi diri.
Fitrah seksualitas ini adalah salah satu fitrah dasar yang dimiliki manusia, dalam buku Fitrah Based Education karya Ust. Harry Sentosa, arti dari fitrah seksualitas adalah bagaimana seorang berfikir, merasa dan bersikap sesuai fitrahnya sebagai laki laki sejati atau sebagai perempuan sejati. Perihal fitrah seksualitas ini anak-anak akan mengalami fase yang berbeda, sesuai dengan tahapan usianya

Solusi

Solusi untuk menghadapi tantangan atau persoalan gender adalah dengan memberikan pengetahuan yang disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak, kedekatan (bonding) keluarga harus ditingkatkan,

  1.   Memperkenalkan  konsep aurat sejak lahir
    – ajarkan rasa malu
    – saat mengganti popok di ruang privat
    – kenalkan perbedaan laki-laki dan perempuan
    – adik kakak mandi terpisah2. Memisahkan tempat tidur dan menjelaskan adab kesopanan di rimah dan di luar rumah (maksimal 10 tahun).
    – kalau hanya ada 1 kamar: kamar untuk ibu dan anak perempuan, ayah & anak laki-laki di luar

    3. Mendidik adab-adab isti’zan dalam rumah tangga (QS An Nur): sesudah subuh, sesudah dhuhur, sesudah isya, karena waktu tsb adalah waktu-waktu istirahat, saat biasanya aurat terbuka. Jaga aurat juga walau sesama mahrom.
    4. Menanamkan jiwa maskulinitas pada anak-anak laki-laki dan feminisme pada anak perempuan. Rosulullah sangat membenci laki-laki yang berpakaian perempuan atau sebaliknya. Ketika melihat laki-laki berpakaian perempuan, jangan dijadikan lelucon, tapi jelaskan hal tsb salah (nahi munkar).

    5. Memperkenalkan konsep mahrom sekaligus adab pergaulan di antara mahrom dan non mahrom. Bagian tubuh tidak boleh dilihat dan disentuh sembarangan orang: mulut, dada, kemaluan, bagian di bawah dan sekitar paha, pantat.

    6. Mendidik agar selalu menjaga pandangan mata (goddul bashar): An Nur 30 (untuk laki-laki), dan 31 (untuk perempuan): jangan sampai mata melihat mata. Mata ada 2 kejahatan: kejahatan syahwat dan kejahatan mistis (korban hipnotis dll)

    7. Mengenalkan sanksi-sanksi perzinahan dalam Islam.

    8. Mendidik agar tidak melakukan ikhtilath

    9. Mendidik agar tidak melakukan khalwat

    10. Mendidik etika berhias sehingga kaum muslimah tidak bertabarruj.

    11. Mendidik konsep Thoharoh seperti menjaga kebersihan mulut, alat kelamin, cara wudhu, mandi dll.

    12. Menjelaskan makna khitan, ihtilam (mimpi) dan haid secara bijaksana. Khitan: hikmah jika ketika bayi (misal usia 35 hari) mengajarkan rasa malu, kemaluan anak sudah tidak terlihat orang lain sejak kecil.

    13. Menjelaskan ayat-ayat Al Quran dan hadist Nabi yang berhubungan dengan proses kejadian manusia, mulai dari nuthfah, alaqah, mudhghah (morulla, blastrulla, gastrulla. Lihat QS Al Hajj 5 dll dengan maksud mendekatkan diri pada Allah.

    14. Mengajarkan puasa sunnah, dengan puasa sunnah akan mempersempit jalannya syaitan, dan lebih bisa dalam menahan gejolak nafsu syahwat

    15. Etika kehidupan bersuami istri secara Islam baru boleh diajarkan kepada yang akan menikah

Diskusi

  1. Bagaimana cara kita sebagai orangtua melahap semua ilmu dalam tarbiyah jinsiyah? Waktu kita terbatas sedang kan ilmu itu harus disampaikan secara utuh🌻Salah satu kunci keberhasilan dalam mendidik anak adalah tetap rileks dan optimis. Tag line Ustadz Harry Santosa #rileksdanoptimis dalam mendidik anak

    Kita mungkin ingin mendidik secara menyeluruh dalam waktu terbatas, tapi menggegas anak juga kurang tepat.

    Kembali lagi kepada ajarkan anak sesuai usia dan tahapan perkembangannya.

Refensi

  1. https://drive.google.com/file/d/1ss8Uz8eSY1aSEkLVCC80uJrKeh2uKNXg/view?usp=drivesdk
  2. https://youtu.be/vT5iZaorzeo
  3. https://youtu.be/xU5n57Vh8R0
  4. Buku Bunda sayang seri Ibu Profesional
  5. Buku FBE Harry Santosa
  6. Buku “Ayah Edy Menjawab”
  7. Buku Propethic Parenting karya Muhammad Nur Abdul HAfidz Suwaid
  8. Materi Kajian Jinsiyah Herlini Amran

#BunsayLEvel11

#Sexual dan gender

bit.ly/GameLevel11BunsayDepok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *